u comment i follow Follow me on Twitter RSS FEED

Rakyat & Negara

Posted in
Kadang gue bingung, kenapa gak ada yang ngeliat hubungan antara negara vs rakyat dalam kerangka hubungan produsen & konsumen ya...??
paling tidak dalam kerangka hubungan hak dan kewajiban deh...
yang keliatan kan selama ini hubungan antara negara-rakyat hanya ditarik ke arah bakti, nasionalisme dsb (yang notabene merupakan pola pola hubungan yang granted, seolah olah tdk ada pilihan lain selain berbakti kepada negara, dan dari sisi negara seolah olah tidak mungkin pengelola negara melakukan kesalahan, dan rakyat memang harus bersabar..)
padahal kalo pake kerangka hubungan hak dan kewajiban aja misalnya, (jangan produsen dan konsumen dulu deh) :
pengelola negara tidak dapat mengklaim bahwa pembangunan (apapun itu) yang dilakukannya adalah prestasinya..tapi memang kewajiban mereka untuk melaksanakannya., kalo nggak melaksanakannya berarti mereka gagal...
selama ini hanya rakyat yang diberlakukan hal yang disebut kewajiban itu, melalui pajak, iuran, retribusi dsb.. rakyat wajib melaksanakannya, kalo nggak, sanksi menunggu mereka, tapi bagi pengelola negara..??? kewajibannya..???kalo tidak terlaksana...????

http://www.indonesiaindonesia.com/f/28799-rakyat-and-negara/

0 comments:

Selamat Datang

Selamat datang di Blog gue...
disini elo bisa banget ngasih komentar, saran, masukan and ide ide segar elo biar blog ini tambah memuaskan.

IP Address Lookup

Bagus diliat

Loading...

Tempat nongkrong