u comment i follow Follow me on Twitter RSS FEED

Deal yang berbahaya (curanmor related)

Posted in
Apakah anda termasuk orang yang pernah menjadi korban dari pencurian kendaraan bermotor..??
jika jawaban anda ya.. maka dengan sangat menyesal saya mengatakan bahwa maaf.. untuk saat ini kita belum bisa berharap bahwa curanmor akan menghilang dari bumi Indonesia ini,
jika jawaban anda belum.. maka saya juga dengan sangat menyesal akan menyarankan anda agar lebih berhati hati lagi karena kita masih belum bisa berharap bahwa curanmor akan menghilang dari bumi Indonesia ini.

Kenapa saya bisa berkata demikian..??
karena kita bisa rasakan sendiri disekitar kita, banyak kita dapatkan bisik bisik (yang tidak terlalu pelan) tentang tawaran untuk membeli kendaraan bermotor dengan harga jauh dibawah harga pasar normalnya..
dan karena masih belum menjadi budaya kita untuk secara tegas mengatakan tidak kepada hal hal yang mengandung unsur tidak legal.

belum lama berselang, saya mendapatkan pengalaman tersebut. bukan pengalaman menjadi korban dari curanmor, dan juga bukan pengalaman menjadi pelaku curanmor.. namun, salah seorang teman membuka pembicaraan tentang tawaran tawaran untuk membeli kendaraan bermotor sangat murah namun tidak dilengkapi surat surat kepemilikan yang sah yang pernah didengarnya (bahasanya: -bodong- ), dan ia menanyakan kepada saya tentang pendapat saya mengenai hal tersebut.

kepadanya saya sampaikan pendapat saya bahwa menurut saya transaksi yang seperti itu berbahaya, apa bahayanya.. ?
point pertama, bahwa pada transaksi itu, kita bisa dikategorikan terkait dengan sesuatu yang bersifat kriminil.
point kedua, bahwa pada transaksi itu, sama sekali tidak ada jaminan kepada kita tentang transaksinya sendiri.. kita terpapar pada kemungkinan disuatu saat nanti, transaksi yang kita lakukan tidak diakui (dipoint ini dia agak kebingungan dengan maksud saya.. maka saya jelaskan dengan bahasa gamblang seperti ini : "oke gini, misalnya gue punya mobil.. kita misalkan aja toyota avanza, terus gue jual ke elo.. gue bilang nih.. mobil bodong.. elo mau gak ini gue jual ke elo 25 juta.. elo pasti mau kan..?? dia bilang ya.. mau.. nah kemudian.. gue jual itu mobil ke elo.. tanpa BPKB. dua tahun kemudian, gue perlu renovasi rumah, tu mobil bisa banget gue ambil lagi dari elo.. tinggal gue bawa itu BPKB ke polisi, lapor ilang, sedih lo".. baru dia paham)
point ketiga, dengan terlibat dalam transaksi yang berhubungan erat dengan kriminalitas seperti itu, kita sama saja mendaftarkan diri untuk dimasukkan kedalam list target mereka.. jika misalnya sebelum ini kita pernah mengalami kehilangan kendaraan bermotor, itu mungkin kita adalah random target dari mereka.. dan dengan membeli sesuatu dari mereka.. anda langsung beralih menjadi tidak lagi random target.. tapi potensial target..

dan..
ketiga point yang saya sebutkan diatas masih belum seberapa berbahaya...
yang paling berbahaya dari semuanya adalah...
kita ikut menciptakan pasar dari industri curanmornya sendiri.. itu yang jauh lebih berbahaya... dengan membeli kendaraan lewat jalur itu, bukan hanya kita seperti memerintahkan kepada seseorang utk melakukan pencuriannya, namun itu juga berarti, kita memberikan garansi kepada orang tersebut bahwa hasil curiannya akan ada yang membelinya. suatu dorongan yang sangat mujarab untuk turut semakin melestarikan curanmor di bumi Indonesia kita tercinta

dan ini, banyak sekali terjadi, dimana kita, jika mendapat tawaran seperti itu, kita masih hanya berfikir tentang keuntungan yang kita rasakan terkait memperoleh sesuatu dengan harga jauh dibawah harga pasarnya, walaupun dengan embel embel ilegal. ini memiriskan hati, karena kita masih belum merasa bahwa kita merugikan orang lain dengan apa yang kita lakukan, dan sepanjang bukan kita yang rugi, kita merasa senang senang saja..

setelah mendengar pendapat saya, teman saya terdiam sebentar.. mengangguk anggukkan kepalanya, dan sambil meninggalkan saya, saya seperti mendengar dia bergumam.. hmm.. CBR yang baru bagus.. jiaaaaaaaaah...

masih berfikiran bahwa curanmor bisa diatasi..?? pikir lagi..

2 comments:

Biidu mengatakan...

wah klo curanmor masih ada berati harus awa 50 kunci gembok nih! :)

putri petir mengatakan...

kalau aku.. curanti... pencurian hati.. lebih gawat yak om :p

Selamat Datang

Selamat datang di Blog gue...
disini elo bisa banget ngasih komentar, saran, masukan and ide ide segar elo biar blog ini tambah memuaskan.

IP Address Lookup

Bagus diliat

Loading...

Tempat nongkrong